Minggu, 30 Juni 2013

ANALISIS JURNAL: “Deposit Insurance Around the Globe: Where Does It Work?”

ANALISIS JURNAL

Bank dan Lembaga Keuangan 2

“Deposit Insurance Around the Globe: Where Does It Work?”






Disusun Oleh :
Agustya Lisdayanti (20211399)

Kelas:
SMAK 05

Jurusan Akuntansi
Fakultas Ekonomi
Universitas Gunadarma
2012







1.      Tema, Pengarang, Tahun,
Tema : Mengadopsi sistem asuransi deposito eksplisit dan bagaimana desain itu tergantung pada lingkungan keuangan dan pengawasan di mana ia harus berfungsi.
Pengarang : Asl Demirgu¨c¸-Kunt and Edward J. Kane
Tahun : 2002  
2.      Judul
Judul : Deposit Insurance Around the Globe: Where Does It Work? (Asuransi Deposito di Seluruh Dunia: Dimanakah Itu Bekerja?)
3.      Latar Belakang Masalah
Selama dua dekade terakhir, gelombang krisis perbankan sistemik telah mempengaruhi sebagian besar negara di seluruh dunia. Di setiap negara, kebijakan mendirikan sebuah jaring pengaman keuangan untuk membuat kerusakan sistemik perbankan cenderung dan untuk membatasi gangguan dan biaya fiskal yang dihasilkan ketika mereka terjadi. Asuransi deposito eksplisit telah menyebar dengan cepat dalam beberapa tahun terakhir, bahkan sejumlah negara yang menawarkan jaminan asuransi deposito eksplisit hampir berkembang selama seperempat abad terakhir, naik dari 12 pada tahun 1974 menjadi 71 di tahun 1999. Membangun asuransi deposito eksplisit telah menjadi fitur utama dari saran kebijakan pada arsitektur keuangan yang ahli dari luar diberikan kepada negara-negara berkembang (Folkerts-Landau dan Lindgren, 1998; Garcia, 1999).
4.      Masalah
Teori modern melihat desain asuransi deposito sebagai masalah multipihak principal-agent yang mendapat persetujuan yang mencakup bank, deposan, supervisor, politisi dan pembayar pajak (Kane, 1995; Calomiris, 1996). Jika bank pengawas berkinerja baik, maka bank akan direkapitalisasi atau menutup sebelum kerugian besar menumpuk. Dalam hal ini, dana asuransi deposito dibayar oleh premi asuransi dari bank dapat mengganti deposan, dan pembayar pajak sehingga tidak perlu menanggung kerugian. Tetapi jika pengawas bank berkinerja buruk, maka asuransi deposito dapat membebankan biaya besar, baik terhadap wajib pajak dan dalam hal gangguan keuangan dan ekonomi yang ekstrim dari krisis perbankan. Asuransi deposito harus dievaluasi dalam konteks kelembagaan yang lebih luas. Tapi semua terlalu sering, para ahli yang merekomendasikan asuransi deposito baik menganggap negara memiliki infrastruktur kelembagaan yang sesuai atau mengabaikan dampak dari ketidaksempurnaan dalam lingkungan kontraktor mereka. Banyak negara-negara yang baru-baru ini mengadopsi asuransi deposito mungkin mempertaruhkan konsekuensi berat. 
5.      Metodologi
Data
Jurnal ini menggunakan data dari World Bank mengenai sejumlah negara dengan asuransi deposito eksplisit dari tahun 1934 sampai 1999.
Variabel
Variable pada paper ini adalah asuransi deposito, regulasi perbankan, bagaimana asuransi deposito eksplisit mempengaruhi stabilitas keuangan, bagaimana pasar risiko disiplin yang diambil bank dan bagaimana sistem keuangan dapat berkembang dengan aman dan produktif.
6.      Hasil
Penelitian empiris dibahas di sini menunjukkan bahwa pejabat di banyak negara harus menutup telinga mereka dengan panggilan sirene asuransi deposito eksplisit. Dalam lingkungan kelembagaan yang lemah, sulit untuk merancang pengaturan asuransi deposito yang tidak akan meningkatkan probabilitas dan kedalaman krisis perbankan di masa depan. Meskipun pejabat pemerintah mungkin cukup yakin bahwa asuransi deposito membantu untuk mengembangkan sistem keuangan yang kuat, mereka harus memahami bahwa asuransi deposito dapat melakukannya hanya dalam ekonomi yang kontrak lingkungan menawarkan lembaga terpercaya kehilangan kontrol. Untuk negara-negara dengan lembaga-lembaga yang lemah, mengadopsi asuransi deposito eksplisit menjanjikan untuk memacu pembangunan keuangan hanya dalam jangka sangat pendek. Seiring waktu yang lebih lama, itu lebih mungkin untuk melemahkan disiplin pasar dengan cara yang mengurangi solvabilitas bank menghancurkan modal ekonomi riil, meningkatkan kerapuhan keuangan dan mencegah perkembangan keuangan. Saran kebijakan ini mengganggu karena banyak negara baru-baru ini mengadopsi asuransi deposito eksplisit diketahui memiliki lingkungan kontraktor miskin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar